Info Terbaru 2022

Resep Masakan Ringan Anggun Galundeng Orisinil Banyumas

Resep Masakan Ringan Anggun Galundeng Orisinil Banyumas
Resep Masakan Ringan Anggun Galundeng Orisinil Banyumas
Resep Kue Galundeng - Satu lagi kuliner populer yang berasal dari Pulau Jawa. Tepatnya kuliner ini berasal dari mana, belum diketahui, tapi yang terperinci kuliner ini aneka macam di wilayah Banyumas sampai populer dengan sebutan Galundeng Asli Banyumas. Karena rasa Galundeng buatan orang Banyumas sangat enak. Roti dalamnya empuk, gula luarannya keras tapi manisnya sedikit gosong tanpa pait, sehingga membuat keunikan tersendiri.

Galundeng dikenal juga dengan nama Bolang-Baling, Golang-Galing, Galundheng sampai Donat Jawa. Resep Kue Galundeng merupakan salah satu Resep Tradisional yang sudah ada semenjak dahulu, siapa penemu Resep Kue Galundeng tidak diketahui. Yang terperinci Resep Kue Galundeng selalu sama dan tetap ada sampai sekarang. Resep Kue Galundeng menjadi salah satu Resep Warisan Nusantara yang masih dijaga sampai sekarang.

Kini Galundeng ada kreasinya yaitu diberi taburan diatasnya dengan biji wijen sehingga dinamai Galundeng Wijen atau Bolang-Baling Wijen, atau Golang-Galing Wijen. Rasanya sama hanya saja lebih manisan yang tanpa wijen sebab kalau yang Galundeng Original Resep Kue Galundeng nya mengfungsikan taburan gula yang melekat diatas Kue Galundeng.

Cara Membuat Galundeng Asli Purwokerto atau Banyumas ini sangatlah ringannya dan tentunya materi yang difungsikan ialah bahan-bahan yang kondusif dikonsumsi semua orang serta harganya pun cukup terjangkau. Kue Galundeng rasanya cantik orisinil gula, dan teksturnya berangasan diluar lembut di dalam, ketika digigit sedikit keras tapi sedikit mulur dan empuk, rasa luarnya lebih cantik dari dalamnya terfokus pada luarnya ada taburan gula yang mengering. Bagi yang belum pernah memakan Kue Galundeng, niscaya sekali makan akan ketagihan. 

Penasaran bagaimana Cara Membuat Kue Galundeng yang ringannya dan alhasil enak? Di artikel kami kali ini, akan kami hadirkan Resep Kue Galundeng Asli Banyumas yang enak dan lezat. Silahkan anda simak dengan cermat Resep Kue Galundeng berikut ini.
 Satu lagi kuliner populer yang berasal dari Pulau Jawa Resep Kue Galundeng Asli Banyumas
Resep Kue Galundeng

Bahan Resep Kue Galundeng :

  1. Sediakan tepung terigu 500 gr
  2. Sediakan gula pasir 75 gr
  3. Sediakan garam secukupnya
  4. Sediakan backing powder 6 gr
  5. Sediakan minyak goreng secukupnya
  6. Sediakan air es secukupnya

Bahan Taburan Resep Kue Galundeng (Opsional) :

  1. Sediakan wijen secukupnya (bila ada, kami tidak memakai)
  2. Sediakan gula pasir secukupnya (kami memakai)

Cara Membuat Resep Kue Galundeng :

  1. Pertama, siapkan wadah dan ambil tepung terigu, backing powder, garam, serta gula pasir, kemudian dicampur menjadi satu dan diaduk sampai rata.
  2. Kemudian, tambahkan air es bertahap sambil adonan terus diuleni sampai kalis atau tidak lengket sekitar 10 menit.
  3. Selanjutnya diamkan adonan Kue Galundeng sekitar 30 menit, serta ditutup mengfungsikan kain bersih.
  4. Setelah itu, uleni kembali adonan sekitar 5 menit.
  5. Tutup kembali dan diamkan semalam.
  6. Lalu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi kotak, kemudian olesi dengan air dan gulingkan diatas adonan gula dan wijen (jika mengenakan wijen).
  7. Ulangi langkah nomor 6 sampai adonan habis.
  8. Selanjutnya, panaskan minyak goreng, kemudian goreng Kue Galundeng atau Bolang-Baling atau Golang-Galing ini sampai matang berwarna kecoklatan dan mengembang.
  9. Angkat, tiriskan dan siap dihidangkan.
Sebelum digoreng, anda juga sanggup mengisi Kue Galundeng ini dengan mengfungsikan cokelat, keju, kismis, selai, dll sehingga rasanya akan sangat enak sekali. Kue Galundeng yang sederhana akan terlihat lebih istimewa Kue Galundengnya dikreasikan dengan aneka topping ataupun popping. Timing paling pas untuk menikmati lezatnya Kue Galundengadalah ketika pagi hari dan ketika cuaca masbodoh ditemani dengan secangkir Minuman Hangat atau Kopi Nikmat Ala Racikan Cafe tentunya menikmatinya akan lebih bermakna juga ketika ada orang Istimewa yang meikmati sajian Kue Galundeng buatan kita sendiri. 

Tidak hanya cocok untuk dimakan sendiri bersama keluarga, namun Kue Galundeng juga cocok untuk dijadikan sebagai sajian istimewa di atrik arisan, ataupun hajatan. Kue Galundeng biasanya dijual oleh para pedagang di pasar tradisional ataupun outlet-outlet di depan ruko dan pinggir jalan dengan harga per bijinya/ per satuannya seharga 800 sampai 1000 rupiah. Harga biasanya tergantung ukurannya dan taburannya. 

Kebanyakan pedagang Kue Galundeng hanya menjajakkan Resep Kue Galundeng yang menggunakan wijen dan original saja, belum ada yang menjajakkan Kue Galundeng dengan kreasi lain, contohnya menyerupai Kue Galundeng Isi Coklat, Kue Galundeng Isi Keju, Kue Galundeng Isi Kismis, dll. Bagi anda yang gemar dengan dunia masakan dan ingin memulai bisnis kuliner, mungkin Kreasi Kue Galundeng yang kami sarankan dengan dasar Resep Kue Galundeng Asli Banyumas dari kami ini sanggup menjadi salah satu acuan unik dan peluang besar untuk bisnis anda. 

Demikian Resep Sup Merah Spesial Khas Jawa Timur yang sangat cocok menjadi santapan hangat bersama keluarga anda di rumah. Nantikan resep-resep enak kami yang lainnya hanya di zonamakan.com yang menjadi sebuah daerah kumpulan resep paling enak dari seluruh dunia. Tetaplah bersama kami menjelajah Lezatnya dunia kuliner. Selamat mencoba dan agar bermanfaat
Advertisement

Iklan Sidebar