Info Terbaru 2022

Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Cara Menghitung Luas Jajar Genjang
Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang – Jajar genjang atau sering disebut dengan jajaran genjang merupakan berdiri datar yang mempunyai sifat dua dimensi serta terbentuk oleh dua pasang rusuk. Dimana masing-masing rusuk tersebut sama panjang serta sejajar dengan pasangannya.

Namun jikalau rusuk-rusuk jajar genjang tersebut sama panjang maka akan menjadi berdiri datar belah ketupat. Jajar genjang juga mempunyai dua sudut berhadapan yang sama besar. Bila anda lihat secara sekilas, jajar genjang juga terlihat seolah-olah dengan trapesium.

Tak heran jikalau banyak orang yang sering terkecoh antara jajar genjang dan trapesium. Padahal keduanya sangatlah berbeda termasuk dalam hal rumus luasnya. Untuk anda yang ingin mencar ilmu rumus luas jajar genjang maka berikut ini akan Jadijuara berikan klarifikasi lebih lengkapnya:

Cara Menghitung Rumus luas Jajar Genjang

Sebelum anda mencar ilmu rumus luas jajar genjang, sebaiknya perlu anda ketahui terlebih dahulu sifat-sifat dari jajar genjang. Dengan demikian anda akan semakin gampang dalam memahami rumus dalam menghitung luas maupun keliling jajar genjang nantinya. Sifat-sifat jajar genjang tersebut antara lain :

  1. Mempunyai dua rusuk yang sama panjang. Dimana rusuk yang berhadapan atau sejajar ialah sama panjang.
  2. Mempunyai 2 sudut lancip
  3. Mempunyai 2 sudut tumpul
  4. Masing-masing sudut yang berhadapan ialah sama besar.
  5. Diagonal jajar genjang membagi bab jajar genjang menjadi sama besar.
 Jajar genjang atau sering disebut dengan jajaran genjang merupakan berdiri datar yang memi Cara Menghitung Luas Jajar Genjang
Rumus luas jajar genjang

Perlu anda ketahui bahwa jajar genjang mempunyai korelasi dengan persegi panjang. Misalnya saja anda memotong bab tinggi jajar genjang kemudian pecahan tersebut anda letakkan di sebelah jajar genjang.

Maka hasil tempelan pecahan dengan jajar genjang tersebut akan menjadi sebuah persegi panjang. Dengan demikian rumus jajar genjang dan keliling jajar genjang hampir sama dengan rumus luas dan keliling persegi panjang.

Namun untuk jajar genjang ini mempunyai ganjal serta ukuran lebar yang menjadi tinggi jajar genjang tersebut. Rumus luas jajar genjang sesungguhnya cukup gampang alasannya ialah untuk menghitung luasnya anda hanya perlu menghitung ganjal dan tinggi jajar genjang. Dengan demikian bila diterapkan dalam rumus maka dapat dinyatakan dengan :

Luas jajar genjang = ganjal x tinggi

Kalau dari tumpuan gambar di atas, maka alasnya ialah sis AB dan tingginya bab garis pupus-putus.

Contoh Soal Menghitung Luas Jajar Genjang

Soal 1

Sebuah jajar genjang mempunyai panjang ganjal 20cm dan tingginya 8cm. Hitunglah luas jajar genjang tersebut !

Jawab :
ganjal = 10cm

Tinggi = 8cm

Luas jajar genjang = ganjal x tinggi

Luas jajar genjang = 20 x 8

= 160 cm2

Jadi luas jajar genjang tersebut ialah 160 cm2.

Soal 2

Pak Doni mempunyai sebidang tanah berbentuk jajar genjang dengan panjang alasnya 12 meter dan tingginya 4 meter. Berapakah luas tanah pak doni tersebut ?

Jawab :

alas = 12 cm

Tinggi = 4 cm

Luas jajar genjang = ganjal x tinggi

Luas jajar genjang = 12 x 4

= 48 m2

Jadi luas tanah pak Doni ialah 48 m2 .

Soal 3

Sebuah jajar genjang mempunyai luas sebesar 54 cm2 dan tingginya 6cm. Tentukan panjang ganjal jajar genjang tersebut !

Jawab :

L = 54 cm2

t  = 6cm

L = ganjal x tinggi

54 = ganjal x 6

Alas = 54/6

= 9cm

Jadi panjang ganjal jajar genjang tersebut ialah 9cm.

****

Demikianlah klarifikasi mengenai mencar ilmu menghitung rumus luas jajar genjang yang dapat menambah wawasan anda. Melalui klarifikasi di atas sekarang anda dapat lebih gampang dalam memahami jajar genjang beserta cara menghitung luasnya. Terlebih rumus untuk menghitung luas jajar genjang tersebut hampir sama dengan luas persegi panjang sehingga lebih gampang dipahami.

Artikel terkait: Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya!

Advertisement

Iklan Sidebar