Info Terbaru 2022

Rumus Luas Dan Keliling Belah Ketupat

Rumus Luas Dan Keliling Belah Ketupat
Rumus Luas Dan Keliling Belah Ketupat

Rumus Belah Ketupat – Bagi seorang pelajar tentu sudah tidak abnormal dengan berdiri datar belah ketupat yang sudah mulai di pelajari di kursi Sekolah Dasar. Namun untuk mengingat kembali ihwal belah ketupat maka anda dapat menyimak kembali pengertian belah ketupat.

Dimana belah ketupat merupakan berdiri datar yang mempunyai dua dimensi dan dibuat oleh 4 buah rusuk yang sama panjang serta mempunyai 2 pasanga sudut. Dimana sudut tersebut bukanlah sudut siku-siku namun sudut yang sama besarnya dengan sudut dihadapannya.

Pada belah ketupat berlaku rumus belah ketupat untuk menghitung luas serta kelilingnya yang sebaiknya perlu anda pahami.

Rumus Belah Ketupat – Luas dan Keliling

Sebelum anda mencar ilmu rumus belah ketupat maka sebaiknya pahami terlebih dahulu sifat-sifat dari belah ketupat. Dimana sebuah berdiri datar belah ketupat dapat dibuat dari 2 buah berdiri segitiga sama kaki identik serta mempunyai simetri di bab alas-alasnya sehingga menjadi berdiri datar dalam matematika.

Maka untuk itulah sifat-sifat dari belah ketupat yaitu semua sisi belah ketupat yang sama panjang. Sifat berikutnya yaitu kedua diagonal di dalam berdiri datar belah ketupat yaitu sumbu simetri. Sifat berikutnya yaitu kedua diagonalnya yang saling membagi 2 sama panjang, berpotongan tegak lurus.

Sedangkan sifat belah ketupat yang terakhir yaitu sudut-sudut yang berhadapan yaitu sama besar dan terbagi 2 sama besar oleh diagonal-diagonalnya.

 Bagi seorang pelajar tentu sudah tidak abnormal dengan berdiri datar belah ketupat yang sudah Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat
Rumus Belah Ketupat – Luas Dan Keliling

Dari sifat-sifat belah ketupat tersebut maka diperoleh rumus belah ketupat yang terdiri dari dua rumus yaitu rumus luas dan rumus keliling belah ketupat. Untuk lebih jelasnya berikut iniJadijuara bagikan kedua rumus tersebut, yaitu :

Rumus Luas Belah Ketupat

L = ½ x d1 x d2

Keterangan :

L -= luas belah ketupat

d1 = diagonal 1

d2 = diagonal 2

Rumus Keliling Belah Ketupat

K = s + s + s + s atau K= 4xs

Keterangan :

K = keliling

s  = sisi belah ketupat

Artikel terkait: Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya!

Contoh Soal Belah Ketupat

1.] Sebuah belah ketupat mempunyai panjang sisi 10cm maka hitunglah keliling belah ketupat tersebut !

Jawab :

s = 10 cm

K = 4 x s
= 4 x 10

= 40 cm.

Jadi keliling belah ketupat tersebut yaitu 40cm.

2.] Sebuah berdiri datar berbentuk ketupat mempunyai diagonal 14cm dan 8 cm. Maha hitunglah luas berdiri belah ketupat tersebut !

Jawab :

L = ½  x d1 x d2

L = ½ x 14 x 7

L = 7 x 7

L = 49 cm2.

Jadi luas belah ketupat tersebut yaitu 49 cm2.

3.] Bila sebuah berdiri datar belah ketupat mempunyai panjang sisi 4a cm. Keliling belah ketupat ini yaitu 48cm, berapakah nilai dari 2 pada belah ketupat tersebut ?

Jawab :

Keliling = 4 x s

48          = 4 x 4a

48          = 16a

a             = 48/ 16

a          = 3cm

Jadi nilai a pada berdiri datar belah ketupat tersebut yaitu 3cm.

4.] Sebuah belah ketupat mempunyai luas 48cm, salah satunya diagonalnya mempunyai panjang 8cm. Tentukanlah nilai diagonal belah ketupa lainnya !

Jawab :

L = ½ x d1 x d2

48 = ½ x d1 x 8

48 =  4 d1

d1  = 48/ 4

= 12cm

Jadi panjang diagonal lainnya yaitu 12cm .

****

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus belah ketupat untuk menghitung luas dan keliling yang dapat menambah wawasan anda. Bangun belah ketupat biasanya sering muncul dalam soal-soal ujian sehingga sangat penting untuk anda pahami dan pelajari semoga anda dapat memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan belah ketupat tersebut.

Artikel terkait: Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Advertisement

Iklan Sidebar