Info Terbaru 2022

Rumus Volume Kubus, Referensi Soal Plus Jawabannya!

Rumus Volume Kubus, Referensi Soal Plus Jawabannya!
Rumus Volume Kubus, Referensi Soal Plus Jawabannya!

Rumus Volume Kubus – Bagi pelajar SD hingga Sekolah Menegah Atas mungkin sudah tidak aneh lagi dengan kubus. Dimana kubus merupakan jenis bangkit ruang yang mempunyai bentuk tiga dimensi dan dibatasi oleh enam bidang sisi-sisinya.

Bangun kubus juga mempunyai bentuk yang kongruen atau berbentuk bujur kandang untuk setiap sisi-sisinya. Dalam sebuah kubus terdapat 12 rusuk yang sama panjang serta 6 buah bidang sisi yang bentuknya bujur sangkar.

Untuk itulah dalam sebuah kubus biasanya terdapat beberapa bab yaitu rusuk, bidang sisi, titik sudut, bidang diagonal, diagonal ruang serta diagonal bidang atau sisi. Sebuah kubus mempunyai beberapa jenis rumus termasuk salah satunya rumus volume kubus.

 Bagi pelajar SD hingga Sekolah Menegah Atas mungkin sudah tidak aneh lagi den Rumus Volume Kubus, Contoh Soal Plus Jawabannya!
Rumus Volume Kubus via Rumusdansatuan

Artikel terkait: Rumus Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soalnya

Rumus Volume Kubus

Tujuan menghitung volume kubus yakni untuk mengetahui isi dari kubus tersebut. Biasanya cara menghitung volume kubus sering muncul pada soal-soal matematika baik tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Sebetulnya rumus kubus terdapat beberapa jenis termasuk salah satunya yakni rumus menghitung volume kubus. Besarnya volume kubus yakni perpaduan antara perkalian dari sisi panjang, lebar serta tinggi.

Sedangkan ukuran rusuk dari sebuah kubus semuanya sama yaitu dilambangkan dengan abjad “s”. Dengan demikian rumus menghitung volume kubus sanggup dinyatakan sebagai berikut ini:

Volume = s x s x s atau Volume = s3

Contoh soal

1.] Sebuah kubus mempunyai panjang sisi sebesar 30 cm, maka hitunglah volume kubus tersebut.

Jawab :

Volume kubus = s x s x s
= 30 x 30 x30
= 27.000 cm 3.

Jadi volume kubus tersebut yakni 27.000 cm3

2.] Pak Danu menciptakan sebuah kolam mandi yang berbentuk kubus dengan panjang sisinya 100cm. Pak Danu ingin mengisi kolam mandi tersebut memakai air hingga penuh. Maka tentukan berapa literkah air yang diharapkan oleh Pak Danu untuk mengisi kolam mandi tersebut hingga penuh?

Jawab :

Volume kubus = s x s x s
= 100 x 100 x100
=  1.000.000 cm3 = 1.000 dm3 = 1.000 liter

Jadi untuk memenuhi kolam mandi tersebut maka Pak Danu harus menyiapkan air sebanyak 1000 liter.

3.] Sebuah kubus mempunyai volume sebesar 125 cm3. Hitunglah berapa panang rusuk dari kubus tersebut !
Jawab :
Volume = 125 cm3
125 = s3
s3 = 125
s = = 5 cm

Untuk menghitung volume kubus selain memakai rumus volume kubus di atas maka anda masih sanggup memakai rumus lainnya kalau yang diketahui yakni luas persegi.

Bila yang diketahui yakni luas perseginya maka anda harus mengitung terlebih dahulu panjang sisi kubus tersebut. Diketahui rumus dari luas persegi yakni sisi x sisi sehingga untuk mencari panjang sisinya anda sanggup dengan menghitung akar pangkar dua dari luas persegi tersebut.

Sesudah anda memperoleh panjang sisi maka selanjutnya silakan masukkan pada rumus volume menyerupai yang sudah disampaikan di atas.

Baca juga: Rumus Volume Tabung, Contoh Soal dan Jawabannya!

Tips Menerapkan Rumus Volume Kubus

  1. Terdapat beberapa nilai pangkat tiga yang harus anda ketahui dan hafal sehingga memudahkan anda menuntaskan soal volume kubus.
  2. Perhatikanlah satuan volume tersebut yaitu pangkat tiga dari satuan panjang rusuknya. Untuk satuan panjang milimeter (mm) maka satuan volumenya yaitu mm3. Untuk satuan panjang rusuk centimeter (cm) maka satuan volmenya yaitu cm3 dan seterusnya.

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus volume kubus dan teladan soal yang sanggup kami bagikan untuk adik-adik, biar sanggup menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin berguru menghitung volume kubus maka silakan perhatikan rumus di atas yang pastinya sangat gampang dipraktikkan kalau anda benar-benar memahami bahan tersebut. Artikel terkait: Rumus Bangun Ruang: Kubus, Balok, Tabung, Bola dll

Advertisement

Iklan Sidebar