Info Terbaru 2022

Apa Fungsi Kolesterol? Memahami Kolesterol Dengan Benar

Apa Fungsi Kolesterol? Memahami Kolesterol Dengan Benar
Apa Fungsi Kolesterol? Memahami Kolesterol Dengan Benar
Memahami Kolesterol Yang Aman & Membahayakan Dengan Benar, Fungsi/Manfaat Kolesterol Terhadap Tubuh - Kekhawatiran akan kadar kolesterol darahnya meningkat, banyak orang ketakutan mengonsumsi makakan yang mengandung kolesterol. Lebih parah lagi, hingga berusaha menyingkirkan semua masakan berlemak dalam diet-nya. Padahal, tidak semua masakan berlemak mengandung kolesterol. Kolesterol hanya ditemukan pada masakan hewani saja dan tidak ada pada masakan nabati.

Beberapa jenis masakan berkolesterol sedikit yaitu telur. Satu butir kuning telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol, namun hanya sekitar 3 % saja yang masuk ke pemikiran darah. Makanan yang berkolesterol tinggi menyerupai susu, mentega, dan keju tidak menyebabkan kenaikan kadar kolesterol. Dengan dasar inilah, maka Anda tidak perlu anti pada semua masakan berkolesterol.


Secara alami badan menghasilkan sendiri kolesterol. Jumlah kolesterol yang dihasilkan oleh individu remaja sebanyak 2000-3000 mg/hari. Sekitar 75-80 % kolesterol yang beredar di dalam badan diproduksi sendiri oleh tubuh. Hanya 20-25 % kolesterol dalam darah berasal dari makanan.

Banyak faktor yang menyebabkan disfungsi pengaturan kolesterol terganggu yaitu faktor genetik. Selain itu faktor yang lainnya yakni pengolahan masakan berkolesterol yang salah contohnya dengan penambahan lemak trans, gula, materi suplemen pangan justru lebih berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

Hiperkolesterol menjadi salah satu faktor yang memperbesar kemungkinan penimbunan lemak tubuh, mendorong terjadinya penyakit kardiovascular. Kolesterol juga dibutuhkan dalam tubuh, terkait dengan fungsinya yang tidak sanggup digantikan oleh senyawa lainnya.

Fungsi kolesterol yang utama sebagai berikut :
  1. Sebagai komponen membrane sel biar kokoh dan stabil.
  2. Sebagai komponen penyusun otak dan saraf. 
  3. Sebagai komponen yang dibutuhkan untuk optimalnya fungsi otak secara normal
  4. Sebagai precursor hormon steroid yang bertugas mengendalikan stres, melindungi badan dari resiko jantung dan kanker.
  5. Sebagai precursor vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kekokohan tulang, pergerakan otot, produksi insulin, dan menjaga imunitas tubuh.
  6. Sebagai reseptor serotonin yang bermanfaat mengendalikan emosi, mencegah depresi, dan membuat good mood.
  7. Untuk memproduksi asam empedu
  8. Untuk memproduksi hormon adrenal korteks, estrogen, androgen, dan progesterone.
  9. Untuk menjaga kesehatan susukan cerna dan menghindari alergi gluten dan mencegah gangguan susukan pencernaan lainnya.

Hipolesterol Juga Berbahaya

Kolesterol darah yang rendah alias defisiensi kolesterol atau hipokolesterol berbahaya bagi kesehatan. Sebagian orang tidak tahu bahwa level kolesterol yang terlalu rendah akan mengganggu banyak sekali fungsi penting yang berlangsung di dalam tubuh.

 Dampak jelek yang timbul akhir hipokolesterol antara lain regenerasi sel yang aus terhenti, sanggup menyebabkan terganggunya pergantian sel ( sel usus, sel rambut, sel kuku, sel kulit, dan sel otot), sanggup menghambat produksi hormon ( hormon estrogen, testoteron, progesteron, DHEA, aldesterol). [ Baca halaman selanjutnya ; Pengaruh Tinggi Rendahnya Kadar Kolesterol dalam Darah ]
Advertisement

Iklan Sidebar