Info Terbaru 2022

Berikut Ini Ciri Dan Pola Kalimat Deduktif!

Berikut Ini Ciri Dan Pola Kalimat Deduktif!
Berikut Ini Ciri Dan Pola Kalimat Deduktif!

Contoh Kalimat Deduktif – Dalam bahasa Indonesia ada beberapa jenis paragraf terdiri dari paragraf deduktif, Induktif dan campuran. Paragraf sendiri merupakan sebuah rangkaian beberapa kalimat yang saling terhubung, dan mengandung sebuah gagasan atau topik utama yang sedang di bahas di dalamnya.

Dalam pembahasan kali ini JadiJuara tidak akan membahas semua jenis paragraf, namun hanya paragraf deduktif saja. Apa itu paragraf deduktif? Paragraf deduktif merupakan suatu paragraf yang kalimat utamannya terletak pada awal Paragraf. Biasanya paragraf deduktif akan di awali pernyataan yang bersifat umum, kemudian di lengkapi dengan banyak sekali klarifikasi khusus yang terdiri atas contoh-contoh, rincian khusus, bukti-bukti dan lain-lain.

 Dalam bahasa Indonesia ada beberapa jenis paragraf terdiri dari paragraf deduktif Berikut ini Ciri dan Contoh Kalimat Deduktif!
Contoh kalimat deduktif

Simak juga: Jenis dan Contoh Kalimat Majemuk

Dengan kata lain paragraf deduktif merupakan paragraf yang di kembangkan dari kalimat umum kemudian di ikuti dengan kalimat khusus melalui pola, umum, khusus, khusus, khusus. Berbeda dengan paragraf Induktif dan campuran, paragraf induktif mempunyai pola yang berlawanan dengan paragraf deduktif dan menganut pola khusus,khusus,khusus, umum. Selain itu paragraf induktif juga mempunyai kalimat utama yang terletak pada potongan simpulan paragraf.

Sedangkan paragraf adonan merupakan paragraf yang mempunyai kalimat utama terletak di awal paragraf, kemudian di ikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Serta di akhiri dengan kesimpulan di simpulan paragraf sehingga paragraf adonan mempunyai dua kalimat utama. Kaprikornus dapat di bedakan antara kalimat deduktif, induktif dan campuran.

Ciri-ciri Kalimat Deduktif

Kalimat deduktif juga mempunyai ciri-ciri menyerupai kalimat utama berada pada awal paragraf, kalimat deduktif tersusun atas beberapa pernyataan umum kemudian di susul dengan beberapa penjelasan

Contoh Kalimat Deduktif (Paragraf Deduktif)

Berikut ini beberapa referensi kalimat deduktif dalam bentuk paragraf yang dapat anda telaah satu per satu:

  1. Kemacetan merupakan suatu hal sudah di anggap lumrah di sebuah kota besar termasuk juga kota Jakarta. Setiap hari kita akan di hadapkan dengan pemandangan kemacetan selain itu polusi udara juga merupakan santapan penduduk ibu kota setiap hari. Ini terjadi lantaran di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada di Jakarta tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, Kurangnya kedisiplinan bagi semua pengguna jalan raya. Ketiga, Kemunculan tempat-tempat yang menganggu kemudian lintas menyerupai pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Yang terakhir, Ketidak tegasna pegawanegeri yang berwenang dalam menindak para pelanggar kemudian lintas
  2. Disiplin merupakan salah satu permasalahan di lingkungan sekolah yang cukup meresahkan ketika ini. Hal ini di karenakan banyak siswa yang sering tiba terlambat. Tidak hanya pada jam pelajaran saja, namun beberapa hari ketika ujian tengah semester berlangsung masih juga ada saja siswa yang terlambat. Oleh alasannya ialah itu problem ini kemudian dirapatkan oleh komite sekolah dan menghasilkan kebijakan untuk menghukum siswa lari keliling lapangan bila terbukti terlambat lebih dari sepuluh menit.
  3. Kecelakaan di karenakan adanya kelalaian kerja masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2015, sudah tercatat ada 15 orang meninggal dikarenakan kecelakaan kerja terutama di pabrik- pabrik wilayah perkotaan. Korban meninggal tidak hanya berasal dari pekerja saja, namun beberapa warga sipil yang tinggal di lingkungan pabrik ikut menjadi korban. Kecelakaan ini banyak dikarenakan beberapa hal, salah satunya menyerupai aliran listrik yang konslet lantaran pekerja yang lupa mematikan arus listrik ketika meninggalkan pabrik.

Dari referensi di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa paragraf deduktif merupakan paragraf yang mempunyai kalimat utama terletak di awal paragraf. Nah demikian, melalui ulasan singkat mengenai apa itu paragraf deduktif, contoh kalimat deduktif dan ciri-cirinya biar dapat menambah wawasan anda perihal banyak sekali kalimat dalam bahasa indonesia.

Artikel terkait: Ciri dan Contoh Kalimat Deskripsi

Advertisement

Iklan Sidebar